Wabup Cecep: Hari Kesaktian Pancasila Kuatkan Ideologi Bangsa

Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Wabup Cecep: Hari Kesaktian Pancasila Kuatkan Ideologi Bangsa

KAB. TASIK, SIBERITA.ID | Wakil Bupati Tasikmalaya H. Cecep Nurul Yakin mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 secara virtual.

Kegiatan tersebut melalui zoom meeting bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Ruang Desk Pilkada, SETDA Kabupaten Tasikmalaya, Jumat 1 Oktober 2021. 

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, Ketua DPRD Kab. Tasikmalaya, Forkompimda Kab. Tasikmalaya, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

Sementara itu, di lokasi digelarnya upacara, di Monumen Pancasila Sakti, hadir Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara bersama dengan Wakil Presiden RI Maruf Amin dan Ketua DPR RI Puan Maharani serta perwakilan menteri. 

Seluruh warga Indonesia juga mengikuti upacara secara virtual melalui youtube untuk mengenang para jasa pahlawan yang gugur saat pristiwa G30S/PKI.

"Setiap tanggal 1 Oktober, Bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi", kata Presiden. 

Sementara Wakil Bupati H. Cecep Nurul Yakin mengatakan, bawha kita tidak boleh melupakan sejarah, sangat penting untuk tetap menjaga ideologi bangsa di tengah modernisasi kultur yang masuk ke Indonesia.

"Hari Kesatian Pancasila selain untuk penghormatan kepada para pahlawan, juga sebagai penguat ideologi bangsa yakni pancasila, jika setiap orang Indonesia mampu melaksankan setiap butir pancasila maka dipastikan negeri yang kita cintai ini akan kuat, maju dan bermartabat," pungkas Cecep.

Upacara diakhiri dengan pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPRD RI Puan Maharani. Kemudian setelah meninggalkan tempat upacara, Presiden RI dan Wakil Presiden RI beserta istri melakukan doa bersama di makam Pahlawan Revolusi di Monumen Pancasila Sakti.