Tips Terhindar Kolesterol Tinggi Saat Makan Nasi Padang 

Kekhawatiran sendiri saat mengonsumsi Nasi Padang, salah satunya karena takut kolesterol jahat naik.

Tips Terhindar Kolesterol Tinggi Saat Makan Nasi Padang 

SIBERITA.ID | Siapa tidak tau Nasi Padang? Hidangan dari Sumatera Barat ini tersebar luas di hampir seluruh Nusantara, utamanya di Pulau Jawa.

Namun, ada kekhawatiran sendiri saat mengonsumsi Nasi Padang, salah satunya karena takut kolesterol jahat naik. solusinya dikemukakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Dilla, Sp.JP punya tipsnya. Simak yuk.

dr Dilla mengigatkan untuk tetap menyantap sayuran yang biasanya tersedia semisal timun dan rebusan daun singkong saat makan nasi padang.

Ia bahkan menyarankan meminta porsi sayuran lebih banyak karena sumber serat ini bermanfaat juga untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat.

"Saat kita makan nasi padang, sebenarnya sayurnya banyak, minta banyakin sayurnya, karena sayur itu bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat. Jadi kolesterol jahat tidak diserap semua dan dibuang ketika buang air besar. Jadi sangat membantu kalau sayurnya banyak," kata Dilla. 

Selain itu, ia menyarankan untuk bisa makan langsung di restoran Padang. Hal itu untuk mengontrol jumlah kuah pada lauk. Namun, jika mesti dibawa pulang, ia menyarankan untuk bisa membatasi kuah yang dicampurkan ke nasi 

"Kuahnya, kalau aku suka minta disatuin tapi diawasin jangan banyak-banyak supaya kalau nanti dibawa pulang tidak terlalu sampai basah banget dan kalau kita makan di tempat lebih enak kan dipisah, jadi kita bisa atur kuahnya jangan sampai harus menggenangi nasinya," papar Vito.

Tips sehat lainnya yakni meminum teh tawar yang biasanya disediakan pihak restoran secara gratis. Menurut Dilla, teh bisa membantu dalam penyerapan kolesterol jahat, membantu metabolisme kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dengan begitu, maka teh membantu agar tidak terlalu banyak kolesterol jahatnya yang terserap atau menempel di pembuluh darah Anda.

Bila Anda ingin membawa pulang nasi padang, sebaiknya minta porsi nasinya menjadi setengah. Biasanya porsi nasi yang dibawa pulang akan lebih banyak ketimbang porsi nasi yang langsung disantap di restoran.

Terakhir, jangan lupa imbangi konsumsi makanan Anda dengan berolahraga rutin minimal 30 menit per hari.

"Jadi nasi padang oke-oke saja tetapi tahu cara makannya, terutama sayurnya. Sayurannya itu banyak banget, ada timun, jadi kita mengenyangkan diri dengan sayur," demikian pesan dr Dilla.