Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam dan Pahit

Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam dan Pahit

SIBERITA.ID | Meskipun bukan jenis sayuran yang populer, namun jantung pisang bisa menjadi menu olahan yang sangat enak dan bikin ketagihan dengan rasanya yang unik. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa mengolah jantung pisang dengan baik sehingga bisa jadi jantung pisang jadi hitam dan pahit.

Jika jantung pisang hitam saat diolah tentu tampilannya tidak akan menarik karena terkesan kurang bersih. Sebelum itu berikut ada tips dalam memelih jantung pisan.

  1. Pilih jantung pisang pada buah pisang yang sudah tua. Jika getah yang dikeluarkan tidak pahit, maka jantung pisang itu dapat diolah.
  2. Pilih jantung pisang bukan dari jenis pisang ambon karena cenderung pahit. Pilih jantung pisang dari jenis pisang lainnya, seperti pisang raja, pisang batu, kepok, susu dan liannya.
  3. Ambil jantung pisang bagian terdalam saja. Bagian merahnya umumnya lebih banyak getah dan tak enak dimakan.
  4. Rebus jantung pisang dengan garam. Potong jadi beberapa bagian dan rebus dengan garam untuk mengurangi getahnya.

Tips agar jantung pisang tidak hitam

  • Masukkan jantung pisang yang akan direbus ke dalam air yang telah mendidih. Jangan memasukkan saat air belum mendidih.
  • Buang air rebusan pertama dan rebus lagi untuk menghilangkan warna hitamnya.
  • Peras jantung pisang setelah matang dalam air bersih hingga warna hitamnya keluar. Ulangi beberapa kali hingga tidak hitam lagi.

Itu dia sekian tips agar jantung pisang yang dimasak tidak hitam dan pahit. Semoga bisa membantu mengolah jantung pisang dengan lebih baik ya.**