Tips Hemat Renovasi Rumah

Tips Hemat Renovasi Rumah
Renovasi Rumah

SIBERITA.ID | Bagi Kamu yang tertarik merenovasi rumah agar lebih betah dan bahagia saat di rumah aja tetapi bingung harus mulai dari mana, yuks simak tips renovasi rumah dari Siberita.id berikut ini:

1. Tentukan Jenis Renovasi Rumah
Diskusikan dengan pasangan atau keluarga, renovasi rumah seperti apa yang dibutuhkan? Secara umum, renovasi rumah terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

Renovasi ringan: mengganti warna cat, pintu/kusen, keramik lantai, memperbaiki listrik/air dan sebagainya.
Renovasi sedang: meninggikan lantai rumah, menambah atau memperbaiki kamar/teras/ garasi, membangun lantai tingkat dan sebagainya.
Renovasi total: mengubah total bangunan lama, membuat dak, mengganti atap dan sebagainya.  
Contoh, Anda berencana untuk melakukan renovasi total karena bangunan rumah sudah tua (usia bangunan lebih dari 15 tahun), terlalu banyak yang perlu diperbaiki sehingga akan lebih baik dan hemat untuk mengubah total.

2. Riset, Temukan Desain Rumah Idaman Anda
Setelah mengetahui jenis renovasi rumah Anda, selanjutnya adalah melakukan riset sederhana untuk menemukan desain rumah impian atau idaman Anda dan keluarga. Caranya mudah, Anda bisa mencari inspirasi dan referensi dari internet atau media sosial.

Saat ini, desain rumah berkonsep minimalis dan fungsional paling diminati di Indonesia. Apabila Anda tertarik memiliki rumah minimalis dengan gaya kekinian yang instagrammable. Carilah inspirasi dari internet, ketik kata kunci seperti ‘desain rumah minimalis’, ‘rumah minimalis instagrammable’, atau ‘rumah minimalis mewah’.

3. Cermat Pilih Jasa Renovasi Rumah Agar Hasil Maksimal
Langkah selanjutnya adalah langkah yang krusial, yaitu memilih jasa renovasi rumah atau jasa tukang bangunan. Anda bisa mencari jasa renovasi rumah melalui online atau offline (rekomendasi dari kerabat/tetangga).

Carilah informasi selengkap-lengkapnya terkait jasa renovasi rumah atau tukang bangunan tersebut. Cobalah konsultasi dulu dan komunikasikan dengan jelas kepada jasa renovasi tersebut seperti desain rumah yang Anda inginkan, bujet yang Anda miliki, jenis material bangunan yang akan dipilih, sistem renovasi (borongan atau harian), dan lain sebagainya.

4. Siapkan Biaya Renovasi Rumah
Biaya renovasi rumah bisa dibilang tidak murah, apalagi Anda memilih material bangunan berkualitas dan melakukan renovasi total dengan desain khusus. Namun, jangan pernah ragu untuk memilih material bangunan yang terbaik karena hal ini bisa dihitung sebagai investasi jangka panjang.

Pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan jasa renovasi/tukang bangunan supaya Anda mengetahui kisaran biaya yang diperlukan. Menyoal biaya renovasi, sebaiknya jangan dipatok pas, selalu siapkan dana tambahan guna meng-cover biaya-biaya tambahan lainnya.*