• Sabtu, 3 Desember 2022

Kementerian Pertahanan Beri Sertifikasi untuk Motor Listrik Militer

- Senin, 19 September 2022 | 12:58 WIB
Seorang petugas tes drive motor listrik militer
Seorang petugas tes drive motor listrik militer

SIBERITA.ID | Kendaraan motor listrik militer dalam negeri telah di produksi PT Eltran Indonesia, yakni Electric Tactical Motor Bike. Sepeda motor elektrik tersebut bahkan sudah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Kuda besi alias motor listrik militer itu diklaim memiliki daya tempuh sejauh 80 kilometer.

Selanjutnya sepeda motor listrik militer ini juga dibekali teknologi pengisi daya cepat, dengan hanya menghabiskan kurang lebih dua jam untuk 1.200 Watt.

Kabalitbang Kemhan Marsekal Muda TNI (Purn) Julexi Tambayong membenarkan bahwa motor listrik militer buatan Eltran itu sudah mendapatkan sertifikat dari Kementerian Pertahanan. Ia mengatakan pengembangan kendaraan listrik ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019.

Baca Juga: Pesaing Motor Honda ADV Sudah Muncul, Siapa Paling Keren?

"Hari ini kita harus bangga karena menjadi pelaku sejarah dalam proses digunakannya motor listrik militer. Selain itu, kelak juga menjadi legasi," kata Julexi seperti dikutip siberita.id dari situs berita Antara pada Sabtu, 17 September 2022.

Julexi juga menghimbau kepada sejumlah pihak untuk berpartisipasi dalam pengembangan motor listrik militer ini. Pihaknya memastikan bahwa akan menerima saran dari pengguna demi menghadirkan sepeda motor listrik militer berkualitas.

"Sehingga nantinya tidak ada alasan untuk menolak terutama penggunaannya di tugas-tugas operasi," kata dia menerangkan.

Kendaraam motor listrik militer ini juga dinilai sebagai bukti bahwa Indonesia turut mengikuti perkembangan yang ada. Ini juga merupakan komitmen pemerintah dalam upaya menekan emisi karbon.

Halaman:

Editor: Hendra Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X