• Rabu, 28 September 2022

Sangat Dinanti, Provider Starlink Punya Elon Musk Masuk Indonsia

- Rabu, 6 Juli 2022 | 09:37 WIB

SIBERITA.ID | Anak usaha peruhsaan SpaceX milik Elon Musk, Starlink resmi masuk ke pasar Indonesia. Layanan internet besutan orang terkaya di dunia ini terkenal dengan kecepatan pengiriman data.

Starlink merupakan anak usaha SpaceX yang bergerak di bidang infrastruktur internet. Perusahaan ini menyediakan ribuan satelit kecil yang dikirim secara massal ke orbit bumi pada posisi rendah.

Pengembangan jaringan internet Starlink dimulai sejak 2015. Kemudian, satelit prototipe pertama diluncurkan ke orbit pada 2018.

Sejak saat itu, SpaceX mengerahkan ribuan satelit Starlink ke orbit rendah. Total, ada lebih dari 2.000 satelit yang telah mengorbit.

Starlink juga berencana meluncurkan 42 ribu satelit untuk internet broadband ke berbagai belahan dunia. Starlink saat ini telah menyediakan layanan ke 32 negara seperti Amerika Serikat (AS), Kanada, Selandia Baru, beberapa bagian Australia, Inggris Raya, Portugal, Lituania, Denmark, Jerman hingga Meksiko.

SpaceX juga memberikan petunjuk bahwa Starlink akan segera tersedia di Jepang, India, dan Indonesia pada 2023.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengonfirmasi bahwa satelit Starlink resmi masuk Indonesia. Kementerian memberikan hak labuh satelit khusus non-geostasioner atau NGSO Starlink kepada PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).

Editor: Redaksi Siberita

Terkini

Lukas Enembe Minta Maaf Setelah Disentil Presiden Jokowi

Senin, 26 September 2022 | 20:46 WIB

Digugat Cerai Sang Istri, Kang Dedi Mulyadi Galau

Senin, 26 September 2022 | 12:21 WIB

Fakta Tiga Orang di Laos yang Jual Ginjal Demi iPhone

Kamis, 22 September 2022 | 11:24 WIB
X