• Sabtu, 3 Desember 2022

Wabup Tasik Cecep Imbau Warga Pindah ke Lokasi yang Lebih Aman

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 09:04 WIB

KAB.TASIK, SIBERITA.ID | Intensitas hujan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dalam beberapa pekan terakhir cukup tinggi, akibatnya sejumlah kecamatan di tatar Sukapura dilanda bencana.

Warga yang tinggal disekitar lokasi rawan bencana diminta lebih waspada, dan disarankan pindah sementara ke lokasi yang lebih aman saat hujan lebat tiba. 

Hal itu dikatakan Wakil Bupati H Cecep Nurul Yakin, saat menghadiri kegiatan peringatan tahun baru Islam 1444 Hijriah, di Pantai Cemara Pangkalan, Minggu 14 Agustus 2022.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjuan ke beberapa titik lokasi bencana, salah satunya di Salopa dan Cibalong. 

Cecep mengimbau, karena Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan wilayah yang tingkat kerawanan bencananya cukup tinggi. Untuk warga yang tinggal disekitar lereng perbukitan supaya berhati-hati. Apabila terjadi hujan lebat, agar pindah sementara ke lokasi yang lebih aman.

Untuk penanganan jangka panjang, kata Cecep, agar dapat menjaga hutan yang menjadi sumber resapan air, dan itu harus kita tetapkan menjadi kawasan hutan lindung, tidak boleh jadi kawasan produksi. 

Karena ketika pohon-pohonnya ditebang, maka saat hujan lebat, airnya akan langsung tumpah ke pemukiman.

Menurutnya, bencana terjadi akibat prilaku tidak baik manusia. Untuk itu, manusianya harus tertib, ramah terhadap alam, supaya alamnya juga ramah kepada kita.

Pihaknya sudah mengundang perhutani, dan sudah disampaikan ke Dinas PU (Bidang Lingkungan Hidup). Kita minta untuk segera dibuatkan regulasi, mana saja titik-titik yang jadi kawasan resapan air, supaya ditetapkan menjadi kawasan lindung.

Halaman:

Editor: Redaksi Siberita

Terkini

X