Cepat Terserang Flu? Cek Mungkin Salah Satu Sistem Imun Kamu Sedang Lemah

Kenali tanda-tanda sistem kekebalan yang lemah agar bisa memperbaikinya.

Cepat Terserang Flu? Cek Mungkin Salah Satu Sistem Imun Kamu Sedang Lemah

SIBERITA.ID | Sistem Imun atau sistem kekebalan tubuh memang bertugas melawan kuman dan patogen yang masuk. Saat lemah, maka kuman tersebut akan masuk juga berkembang biak, kemudian timbullah penyakit.

Di saat pandemi dan musim pancaroba, orang harus menjaga tubuh agar selalu siap menghadapi serangan patogen. Kenali tanda-tanda sistem kekebalan yang lemah agar bisa memperbaikinya.

1. Lesu

Karena tubuh secara terus-menerus melawan serangan kuman, reaksi di dalam tubuh menghambat tingkat energi. Reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap patogen menghabiskan energi tubuh dan karena itu meskipun tidur teratur, orang akan tetap merasa lelah.

2. Iritasi dan kelelahan mental

Hanya tubuh yang sehat yang akan memiliki pikiran yang tenang. Ketika tidak sehat, dampaknya juga akan terasa pada kesehatan mental. Selain itu, mungkin ada episode iritabilitas tertentu yang merupakan konsekuensi dari infeksi patogen yang gejalanya tidak terlihat di luar. Oleh karena itu, jika terus-menerus mengalami iritasi dan kelelahan mental, konsultasikan dengan dokter atau lakukan pemeriksaan mandiri.

3. Mudah flu

Normalnya, orang dewasa terkena flu biasa 2-3 kali setahun. Jika frekuensinya lebih dari itu, sudah saatnya harus memperhatikan sistem kekebalan tubuh. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah mudah terkena flu dan cenderung mudah sakit. Misalnya setelah menyelesaikan proyek besar orang-orang tersebut jatuh sakit.

4. Luka sembuh lama

Ketika kekebalan tubuh lemah, kulit yang terluka sulit beregenerasi dan sembuh. Proses penyembuhan tergantung pada sistem kekebalan tubuh; semakin kuat kekebalannya, semakin cepat respons tubuh terhadap penyembuhan.

5. Luka dingin dan herpes zoster

Pernahkah memiliki luka dingin lebih sering dari sebelumnya? Ini bisa menjadi hasil dari infeksi. Jika itu terjadi secara teratur, atau jika tidak dapat sembuh sendiri, mulailah memperhatikan sistem kekebalan tubuh.

Langkah pertama dan terpenting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh adalah berkonsultasi dengan dokter, kedua, mengubah gaya hidup, terutama pola makan. Makanan musiman organik akan meningkatkan kekebalan tubuh tidak seperti makanan lain, bahkan suplemen. Cobalah untuk makan lebih banyak makanan yang diperkaya vitamin, makanan yang mengandung antioksidan, dan yang ditanam secara organik.