Cegah PMK, DKPPP Kota Tasik Vaksin Sapi Ternak

Giat vaksin tersebut marupakan program nasional guna meminimalisir penyakit mulut dan kuku (PMK).

Cegah PMK, DKPPP Kota Tasik Vaksin Sapi Ternak

KOTA TASIK, SIBERITA.ID | Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Tasikmalaya melaksanakan kegiatan vaksin ternak di Peternakan Sapi Perah di Kp. Genteng, Kelurahan Cipawitra, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya pada Selasa 28 Juni 2022.

Giat vaksin tersebut marupakan program nasional guna meminimalisir penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala DKPPP Kota Tasikmalaya, Drs. H. Adang Mulyana, mengatakan, vaksinasi ternak dilakukan setelah pihaknya menerima vaksi dari pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 200 dosis.

"Kali ini untuk tahap pertama. Targetnya 200 ekor sapi. Kita dahulukan sapi perah, secara bertahap sesuai dengan petunjuk dari provinsi, sambil kita menunggu doping vaksin berikutnya dari pusat,” ucapnya.

Ia menyebut, sapi-sapi yang divaksin tercatat dalam Sikomandan (Sapi Kerbau Andalan dalam Negeri). Jumlahnya ada 149 ekor.

“Prioritasnya sapi perah, kemudian baru sapi pedet. Untuk sapi yang sudah divaksin diberi label kalung sebagai tanda sudah divaksin. Jenis vaksinnya Aftopor. Mudah-mudahan setelah divaksin sapi-sapi ini menjadi sehat, dan terhindar dari PMK,” harapnya.

Sementara itu, Peternak Sapi Perah di Kampung Genteng, H. Taufik Herdiana menerangkan, jumlah sapi miliknya sebanyak 17 ekor, yang sudah besar 15 ekor, sisany baru berusia dua minggu.

Ia mengungkapkan, alasan sapi-nya divaksin untuk menjaga penyebaran PMK, mengingat situasi saat ini sedang marak terjadi. Dirinya pun berharap usai divaksin, sapi ternaknya menjadi sehat dan PMK bisa ditanggulangi.