• Selasa, 31 Januari 2023

Robot Kecil Milik Arab dan Jepang Bakal Diluncurkan ke Bulan Akhir November Ini

- Sabtu, 5 November 2022 | 16:29 WIB
Hakuto-R nanti akan membawa berbagai muatan komersial dan pemerintah ke permukaan bulan
Hakuto-R nanti akan membawa berbagai muatan komersial dan pemerintah ke permukaan bulan

SIBERITA.ID | Misi 1 perusahaan Ispace yang berbasis di Tokyo dijadwalkan untuk diluncurkan ke bulan di atas roket SpaceX Falcon 9 antara 9 November dan 15 November.

Peluncuran misi yang membawa pejelajah atau rover milik Uni Emirat Arab (UEA) ditunda. Namun, lini masa itu kini telah bergeser, tidak lebih awal dari 22 November.

“Tanggal peluncuran target yang diperbarui ini memungkinkan persiapan yang terbaik untuk misi ketika mempertimbangkan jadwal pemuatan bahan bakar untuk pendarat dan ketersediaan tanggal peluncuran,” tulis perwakilan Ispace dalam pembaruan pada Senin 31 Oktober 2022.

Sesuai dengan namanya, Misi 1 akan menjadi penerbangan pertama untuk Ispace. Misi ini akan mengirim pendarat Hakuto-R dalam perjalanan panjang ke bulan dengan Target pendaratan pada Maret 2023.

Hakuto-R nanti akan membawa berbagai muatan komersial dan pemerintah ke permukaan bulan, termasuk dua rover kecil. Salah satunya adalah robot kecil beroda dua yang akan dioperasikan oleh Japan Aerospace Exploration Agency, dan yang lainnya adalah Rashid 1, robot seberat 22 pon (10 kilogram,) yang dikembangkan oleh Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid dari UEA.

Rashid 1 ini diperkirakan akan beroperasi di bulan hanya untuk satu hari lunar (sekitar 14 hari Bumi). tetapi operasional yang singkat itu akan mengemas banyak pengumpulan data.

Baca Juga: Bulan Maret iPhone SE 3 5G dan iPad Air 5G Meluncur

Penjelajah kecil tersebut bertenaga surya membawa berbagai intrumen. Instrumen yang ada seperti kamera, termasuk pencitra mikroskopis, serta probe Langmuir, yang dapat membantu para peneliti lebih mengkarakterisasi dan memahami lingkungan bermuatan listrik permukaan bulan.

Misi 1 telah mengambil beberapa langkah konkret menuju peluncuran yang akan datang baru-baru ini. dan Pendarat bulan Hakuto-R telah tiba di lokasi peluncuran Cape Canaveral, Florida, akhir bulan lalu.

Halaman:

Editor: Usep Kusnadi

Terkini

Terpopuler

X