• Sabtu, 3 Desember 2022

Mendikbudristek Ralat Ucapannya Dihadapan DPR: Tim Bayangan itu Vendor

- Selasa, 27 September 2022 | 09:01 WIB
Mendikbudristek menyatakan yang dimaksud sebenarnya adalah organisasi itu bersifat mirroring
Mendikbudristek menyatakan yang dimaksud sebenarnya adalah organisasi itu bersifat mirroring

SIBERITA.ID | Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meralat pernyataannya di hadapan Komisi X DPR-RI soal tim bayangan yang beranggotakan 400 orang.

Hal itu Nadiem ungkapkan saat menghadiri rangkaian United Nations Transforming Education Summit di markas besar Persatuan Bangsa Bangsa (PBB).

"Mungkin sedikit dari saya ada kesalahan dalam menggunakan kata shadow organization," kata Nadiem Makarim dalam Raker Komisi X DPR RI, Senin, 26 September 2022.

Mendikbudristek menyatakan yang dimaksud sebenarnya adalah organisasi itu bersifat mirroring. Dia menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan tim tersebut.

"Mirroring itu artinya setiap Dirjen yang menyediakan layanan tersebut bisa menggunakan tim, suatu tim yang permanen yang selalu bekerja sama dengan tim itu untuk mendorong dan mengimplementasikan kebijakannya melalui platform teknologi," jelas dia.

Nadiem Makarim menegaskan tim tersebut ialah vendor. Meskipun, secara jelas dalam forum PBB tersebut ia mengatakan bahwa tim bayangan itu bukan vendor.

"Seluruh tim kita adalah tim yang permanen yang merupakan suatu vendor yang dirumahkan di bawah anak perusahaan milik Telkom dan di situlah mereka. juga memang itu secara teknis adalah vendor. Jangan ada yang menyebut mereka itu bukan vendor. Mereka adalah vendor," tutur Nadiem.

Sebelumnya, Kemendikbudristek mengaku memiliki 400 orang yang tergabung dalam "organisasi bayangan".

Posisi tim bayangan tersebut tidak masuk dalam struktur birokrasi namun melekat dengan Kemendikbudristek, bahkan turut mendesain produk-produk yang dihasilkan kementerian.

Halaman:

Editor: Hendra Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kamu Harus Tau, Kini Indonesia Resmi Punya 38 Provinsi

Kamis, 24 November 2022 | 10:44 WIB

Presiden Jokowi Terang-terangan Dukung Prabowo

Rabu, 2 November 2022 | 18:49 WIB
X