• Selasa, 31 Januari 2023

Pertama di Dunia, Ilmuwan China Sukses Kloning Serigala Arktik

- Senin, 26 September 2022 | 11:52 WIB
anjing ras beagle memiliki keturunan genetik yang sama dengan serigala purba
anjing ras beagle memiliki keturunan genetik yang sama dengan serigala purba


SIBERITA.ID | Sekelompok ilmuwan di negeri tirai bambbu China mengaku telah berhasil mengkloning serigala Arktik untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia.

Serigala itu diberi nama Maya, ia lahir dari gabungan sel serigala Arktik betina dan embrio yang tumbuh di dalam seekor anjing sejenis beagle.

Kloning ini di klaim merupakan hasil eksperimen Singogen Biotechnology, yang perusahaan gen yang berbasis di Beijing, China. Mereka menuturkan anjing ras beagle memiliki keturunan genetik yang sama dengan serigala purba.

Perusahaan memulai eksperimen dengan melakukan pencarian dengan membangun 137 embrio baru dari oosit yang dienukleasi (proses mengeluarkan nukleus dari sel), yang merupakan sel dalam ovarium, dan sel somatik. Dari situ, mereka mentransfer 85 embrio ke dalam rahim tujuh ekor anjing beagle.

Maya yang memiliki bulu warna abu-abu kecoklatan dengan ekor berbulu lebat akhirnya lahir dari salah satu hewan tersebut pada Juni 2022 lalu.

Pengumuman kelahirannya itu sengaja ditunda sampai si serigala Arktik hasil kloning itu berusia 100 hari dengan kondisi sehat.

Setelah dua tahun akhirnya upaya yang melelahkan, serigala Arktik berhasil dikloning.
"Ini adalah kasus pertama dari jenisnya di dunia," ucap Mi Jidong, General Manager Sinogene Biotechnology

Jidong menyebut penelitian kloning ini sudah dimulai sejak akhir 2020. Perusahaan bekerja sama dengan Harbin Polarland yang juga berbasis di China.

Ia juga menyadari masih ada jalan panjang di depan, karena memang relatif lebih mudah untuk mengkloning anjing dan kucing.

“Kami akan terus bekerja di bidang ini. Pada langkah selanjutnya, kita mungkin dapat mengkloning hewan liar langka selain anjing atau kucing dan itu memang akan lebih sulit,” kata Jidong.

Halaman:

Editor: Hendra Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X