• Sabtu, 3 Desember 2022

Puluhan Rumah Warga di Mandalajaya Cikalong Terendam Banjir

- Minggu, 25 September 2022 | 12:55 WIB
Rumah warga di Desa Mandalajaya terendam banjir (Foto: Indra Wiguna)
Rumah warga di Desa Mandalajaya terendam banjir (Foto: Indra Wiguna)

SIBERITA.ID | Bencana banjir merandam puluhan rumah warga di Kp. Mangkabaya, Desa Mandalajaya, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat amalam atau Sabtu 24 September 2022, dini hari WIB. Ketinggian air mencapai 80 centimeter.

Dalam peristiwa ini kebanyakan warga bertahan di rumahnya masing-masing. Pemerintah setempat beserta Muspika langsung terjun meninjau ke lokasi banjir guna mengetahui situasi dan kondisi.

KSB Keamatan  Cikalong, Santi Permana menerangkan, pihaknya sudah melakukam pendataan terjadap warga yang terdampak, dan ada sekitar 80 kepala keluarga dari 3 RT yang rumahnya terendam banjir.

Baca Juga: Bisa Jadi Beban Partai, PDIP Diminta Jangan Paksakan Puan Sebagai Capres

Meski jumlah kerugian masih belum dapat dipastikan, Pemeritah setempat bersama masyarakat bahu membahu membersihkan lokasi bekas banjir. Tak hanya itu, Pemerintah setempat juga telah memberikan bantuan sesuai kebutuhan sambil menunggu bantuan dari pihak terkait.

Santi menyebut bahwa bencana banjir kali ini terbilang musiman, namun karena intensitas hujan cukup tinggi dan saluran air di wilayahnya tidak mampu menahan besarnya debit air sehingga meluap ke pemukiman warga.

Atas kejadian ini warga pun meminta perhatian pihak terkait baik daerah maupun pusat agar dapat membantu menyalurkan dana buat pembangunan irigasi saluran air untuk sampai ke sungai Ciwulan demi mencegah terjadinya bencana banjir.

Editor: Indra Wiguna

Tags

Terkini

X