Bahaya, Ini Jenis Ikan yang Tidak Boleh Bikonsumsi Oleh Tubuh

Ini karena jika terlalu sering dikonsumsi, kesehatan tubuh kita justru akan terancam. Ini karena ikan-ikan ini mengandung merkuri yang bisa membahayakan tubuh kita.

Bahaya, Ini Jenis Ikan yang Tidak Boleh Bikonsumsi Oleh Tubuh

SIBERITA.ID | Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Banyak manfaat yang didapat saat kita mengonsumsinya.

Salah satunya bisa membantu pertumbuhan otak dan tulang, mencegah penyakit jantung, hingga menurunkan risiko diabetes tipe 1.

Meski begitu, ternyata ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh kita konsumsi kita, lo.

Ini karena jika terlalu sering dikonsumsi, kesehatan tubuh kita justru akan terancam. Ini karena ikan-ikan ini mengandung merkuri yang bisa membahayakan tubuh kita.

Bagaimana bisa ikan mengandung merkuri?

Dikutip dari Kompas.com, merkuri jatuh dari udara dan dapat terakumulasi di sungai dan lautan. Kemudian berubah menjadi metilmerkuri di dalam air.

Ikan menyerap metilmerkuri saat mereka makan di perairan ini dan menumpuk di dalamnya. Jenis merkuri inilah yang dapat berbahaya.

Jika kita terpapar merkuri yang cukup tinggi, akan berdampak pada kerusakan saluran pencernaan hingga sistem saraf kita.

Selain itu, merkuri juga berisiko mengganggu berbagai organ tubuh, seperti otak, jantung, ginjal, paru-paru, dan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mencegahnya, yuk kita cari tahu ikan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi!

1. Ikan Pedang

Ikan pedang atau ikan todak merupakan salah satu jenis ikan yang sebaiknya tidak kita konsumsi, teman-teman.

Menurut Chef Frankie Terzoli, kandungan merkuri dalam tubuh ikan todak ini tinggi. Semakin besar dan tua, kandungan merkuri dalam ikan tidak akan berkurang.

Selain itu, proses penangkapan ikan todak atau ikan terbang juga menggunakan long line atau tali pancing yang disusun panjang dengan umpan di setiap ujungnya.

Cara penangkapan ikan ini bisa membahayakan keselamatan hewan laut lain seperti penyu, hiu, dan burung laut.

2. Hiu

Daging hiu dan sirip hiu masih menjadi makanan yang banyak dicari. Padahal, mengonsumsi daging atau sirip hiu bisa menyebabkan hilangnya koordinasi, kebutaan, hingga kematian.

Hal itu dikarenakan kandungan merkuri dalam hiu yang semakin tahun semakin tinggi.

Selain mengandung merkuri yang tinggi, mengonsumsi hiu sama dengan merusak ekosistem laut. Kenapa bisa begitu?

Hiu adalah predator puncak di lautan. Jika jumlah hiu berkurang, maka jumlah hewan yang biasa menjadi mangsa hiu akan bertambah dan jumlahnya menjadi tidak seimbang.

Jika sudah begitu, ekosistem akan rusak dan beberapa hewan akan punah.

3. Tuna Sirip Biru

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang cukup banyak dikonsumsi. Rasanya enak, kandungan gizinya juga tinggi.

Namun, ada salah satu jenis tuna yang termasuk ke dalam ikan yang tidak boleh kita konsumsi, yakni tuna sirip biru.

Ada dua hal yang membuat tuna sirip biru tidak oleh kita konsumsi, yakni:

1. Ikan ini termasuk ke dalam hewan yang dilindungi dan terancam punah.

2. Kandungan merkuri dalam tuna sirip biru cukup tinggi.

Jadi, jika kamu ingin mengonsumsi tuna, maka konsumsilah tuna jenis lain, misalnya ikan tuna albacore.

4. King Mackerel

Pernah dengar ikan king mackerel atau kingfish? Jenis ikan ini menjadi tangkapan populer di kalangan pemancing di Florida dan pesisir selatan Amerika.

Namun, sebaiknya ikan jenis ini tidak dikonsumsi. Selain baunya yang amin, king mackerel juga mengandung merkuri yang tinggi.

5. Ikan Buntal

Teman-teman pernah melihat ikan buntal atau dikenal juga sebagai puffer fish? Ikan jenis ini mengandung racun yang lebih berbahaya dari racun sianida.

Di Jepang, ikan buntal memang bisa disajikan sebagai makanan. Namun, orang yang mengolahnya haruslah koki profesional dengan sertifikasi khusus.

Jika tidak, racun dalam ikan ini bisa terbawa dan menyebabkan kematian.

Nah, itulah lima jenis ikan yang harus kita hindari sebagai hidangan konsumsi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, ya.